jump to navigation

Tentang saya

Apa yang harus saya ceritakan. Saya bukan siapa-siapa, hanya ciptaan Tuhan. Makluk hina yang mencoba arungi kelamnya dunia. Semoga bisa menemukan pelita.

Dilahirkan 21 Oktober 1982 di sebuah kampung di Tarusan Pesisir Selatan Sumatera Barat. Sejak kecil sudah diajarkan mengenal tanah dan laut. Ibu saya seorang petani (saya selalu bangga mengatakan ini)

Tidak ada yang istimewa dalam perjalanan hidup saya. Semuanya berjalan selayaknya keluarga petani lainnya dikampung kami. Pagi sekolah, siang menggiring ternak, malam mengaji dan tidur. Hidup selalu berulang seperti itu. Tapi tetap saja tidak mengurangi kecerian kami.

Satu hal yang berbeda. Sejak pertamakali mengenal huruf, saya sudah jatuh cinta pada buku. Buku adalah guru pertama yang mengajarkan kearifan hidup, selain seorang ibu tentunya. Sampai sekarang bagi saya buku lebih sekedar bacaan, tapi ia memberikan arah. Tergantung kita akan memilih persimpangan yang mana.

Hanya kisah biasa-biasa saja. Saya melewati masa remaja sama seperti remaja di belahan dunia lainnya. Pernah mengalami romansa masa muda dengan bumbu cinta monyet yang malu-malu. Pernah putus cinta, ditinggalkan, meninggalkan, ditolak, menolak, dan teronggok pada tangis satu malam.

Semuanya mengalir, itu kata Filsuf Yunani Heraklitus. Begitu juga hidup ini. Tahun 2000, dengan kuasa Allah nama saya terpapar di kolom pengumuman siswa yang lulus UMPTN 2000. Saya bersama 72 siswa lainnya, diterima di Jurusan Kimia Universitas Andalas.

Masa kuliah, adalah masa penuh pergolakan. Saya tertatih mencari indetitas diri. Bergelut dengan banyak buku-buku filsafat dan buku Kiri. Pernah dituduh murtad, kelompok ekstrem, tidak bertuhan juga pemberontak dalam tanda kutip. Ada ekstase saat itu. Meski sebagian nurani menolak apa yang diyakini akal.

Melewati jalan terjal berbatu, pencarian itu ternyata belum berakhir. Saya sadar, seperti bangau, kita harus kembali dan berhenti. Kembali ke saat hati masih seperti kertas putih belum dituliskan.

Jalan itu sangatlah panjang. Tapi hari ini saya telah memulai langkah pertamanya….(*)

Iklan

Komentar»

1. putijasmien - April 11, 2008

salam

salam juga mas.. makasih telah berkunjung

2. vinna melwanti - Mei 13, 2008

Kok kosong tentang dirimu Nto?

lagi berfikir siapa saya..karena kita adalah teaka-teki yang tidak terterka

3. myartikel - Mei 18, 2008

Salam,

Miskin harta tapi kaya ilmu. itu yang penting
blog-nya keren mas,
selamat berkarya…. !

makasih mas… selamat berkarya juga. blognya mana?

4. Wempi - Mei 19, 2008

Salam sukses da.

makasih… sukses juga untuk mu

5. renimaldini - Mei 28, 2008

Kisah hidup setiap orang berbeda-beda..
Sebagai hamba yang dititpkan sementara di dunia ini, kita wajib menjalankan hidup dengan baik dan sesuai dengan petunjuk-Nya…
Apapun yang pernah menghampiri, susah, senang, tangis, tawa, disaat menuju pendewasaan diri adalah sesuatu yang harus ditempuh …

duh… dewasa dan bijak sekali. hmnnnn… ternyata dari sikap “kanak-kanak” reni ada kedewasaan didalamnya.. (catatan : kanak2nya pakai tanda kutip ren)

6. awantoriadi - Juni 2, 2008

Perjalanan masih panjang saudaraku, berhentilah mencari, maka kau akan menemukan (itu katanya) saya? masih bingung dengan diri sendiri, salam

Makasih.. sudah menemukan tempat berteduh. tp belum mengetahui kamar yang mana yang harus dimasuki. apa bagusnya, menunggu di teras aja ya.. karena penghuni di tiap kamar saling berantam

7. imoe - Juni 13, 2008

Salam kenal, karen telah berkunjung, ambo buek an link ka blog ambo yo…

terimakih atas link nya..

8. coretanpinggir - Juni 16, 2008

“seperti bangau, kita harus kembali dan berhenti”

Terimaksih sudah berhenti di coretanpinggir. Blog kita sepertinya punya semangat yang sama. Salam untuk ranah Minang.

Salam hangat dari pinggiran

salam juga…terimakasih berkunjung. coretanpinggir benar-benar bagus.

9. vinnamelwanti - Juni 18, 2008

Akhirnya tentang saya nya dah ada….

Sudah menemukan jati dirinya kah??

Keren…Penuturannya pun mengalir dengan bagus..Jadi terbawa mengetahui siapa seorang Harfianto baik sikap n pemikiran…

hehee.. salam tuk buk vinna

10. Catra - Juni 18, 2008

salam kenal uda…

nice blog dari kategori urang awak.. hehehe

salam kenal juga. blognya catra juga keren abis..

11. Chairan Hafzan Yurma - Juni 18, 2008

Bang, kenapa harus salam kenal..? apa sudah lupa sama awak?

baru ingek kalau Chairan Hafzan Yurma ko, si azan.. πŸ™‚

12. Chairan Hafzan Yurma - Juni 18, 2008

Bang, kenapa harus salam kenal..? apa sudah lupa sama awak?

13. orang rimba - Juni 18, 2008

Jangan lupa link ke blog awak bang…

blognya mana bos..

14. yellashakti - Juni 19, 2008

wah masih mencari jati diri?
jangan kelamaan bang, Indonesia butuh tenaga dan pikiranmu,,
semangattt

ntar lgi, hampir ketemu.. hhehe

15. trijokobs - Juni 20, 2008

Salam Kenal.. Bung Harfianto.

hmmm. jurnalistik..
keren.. keren..
tetap semangat..

salam kenal juga bung…makasih. bersemangat kali..

16. Menik - Juli 4, 2008

Salam kenal Bang Harfi…

Maaf.. baru melakukan kunjungan balik πŸ™‚

17. Fivy Okvita - Juli 7, 2008

iy,, mang knl y ma “da melki” ???

ato jgn2,, bkn melki yg it kl…

kan yg nm ny melki jg byk mas…

slm knl y…

makasi dah mampir…

18. presty larasati - Juli 8, 2008

ealah…

orang padang, tho???

:mrgreen:

19. presty larasati - Juli 8, 2008

samo2 orang sumatra la, yo…

20. presty larasati - Juli 8, 2008

pengennya menuhin semua recent comment ma avatar presty.. 😈

21. presty larasati - Juli 8, 2008

tapi kok ya….

22. presty larasati - Juli 8, 2008

puanjang biangeth…
πŸ˜†

23. presty larasati - Juli 8, 2008

pulang aja, deh… :mrgreen:

24. presty larasati - Juli 8, 2008

udahan ah, ngerusuhnya.. πŸ˜†

25. Fivy Okvita - Juli 9, 2008

a u mas…

lg ol yak ??

ngapaen grasak grusuk pg2 ??

belon mkn yak ??

hehhe

eyh,, ad ym g’ ??

26. Ade Alifya - Juli 17, 2008

ga sengaja mampir disini, wah, saiya jadi betah ‘nongkrong’ lama-lama.

keren, boz!!!

27. hendri - Juli 26, 2008

kalo ikuik lomba posting di palanta pasang banner nyo da… banner khusus tuak lomba πŸ™‚

salam kenal πŸ™‚

28. moller mahamada - Agustus 21, 2008

lho..koq pake orangmiskin segala da?

Jgn pesismis da, trus bajuang demi nagari

29. gita - Agustus 28, 2008

seneng baca tulisan uda

30. kuboconcept - Agustus 28, 2008

salam
saya ari dari bandung πŸ˜‰

31. nh18 - Oktober 30, 2008

Saya datang …
melakukan kunjungan balasan …

salam saya

32. dragon unandar - November 4, 2008

keren kom!!ndak percuma komting karitiang do..ajan wak ciek kom..bakpo caro buek blog..namoe lah wak siapkan…”tatilungkuikblog”..kawan ndak ngarajoan awak do kan?

33. Efrizal - November 7, 2008

katanya tentang saya, tapi kok ga ada photonya?

34. DIWARMAN - November 15, 2008

DINDA HARFIANTO,

Tulisanmu enak sekali dibaca mudah mengalir tajam.
Tq
dewe_diwarman@yahoo.com
http://diwarman64.blogspot.com

35. devi isman - Maret 21, 2009

Hello “Master”..

Hihihi…
Jangan bosen ajarin aq cara “nulis” yang menarik yah.
Aq terima kritik, saran en sedekah kok.
Hwehehe.. =p

Salute 4 U..
(Walawpun udah ngambil “lahan” anak Jurnalistik)

36. RAY - April 16, 2009

YO HEBAT PAK YO….LAH BANYAK TULISAN PAK YO….

37. RAY - April 16, 2009

BABINI LAI PAK….BILO JUO LAI…KAMANUNGGU ANAK GAMAWAN PAK…..MAH LAH SUKSES MAH…..

38. ceritabella - Mei 31, 2009

Kemana orang miskin?
Kok ga da posting lagi?
Sombong euy, mentang2 udah jadi orang kaya..

39. Den Mas - Juli 25, 2009

wah, saya suka tulisan2nya. saya link ke blog saya ya mas?

40. morishige - Juli 30, 2009

salam kenal, da..
πŸ˜€

41. mbenned - Agustus 13, 2009

biaso tu nyo kamanakan..

42. fadhilatul muharram - Agustus 14, 2009

salam kunjungan, pak

senang bisa mampir disini. πŸ™‚

43. 'drw - September 11, 2009

kita semua pasti kembali,sebap pulang adalah keniscayaan

44. ade alifya - Oktober 10, 2009

Abang, cepat sembuh!

45. afte unandar - Oktober 12, 2009

Bang Anto…

Afte masih sangat ingin mambaco carito2 nan angku tulis di blog iko…
Abang harus bisa…
Banyak nan kito karajoan lai. Email te tentang rencana kito tahun 2010 alun Abang baleh lai do..
Kalau ado kesempatan, Te nio main ka Pantai carocok liak sambil minum Coca Cola jo Abang, jo Ronal, jo Arif..jo Adiak Abang
Te nio nginap di Lab KOBA samo Abang (kami ndak akan ngarajoan Abang lai do),
Te nio barabuik kain saruang lab KOBA samo Abang liak (kini bialah Abang nan makai kain ntun, te lai ndak dingin do),
Te lai namuah ma antaan proposal PC jo Abang,
Te lai namuah mambuek an puisi tentang sejumput untuak Abang, jagolah, bia Abang bisa baco puisi tu..
Kalau ka makan di lantai KOBA baliak, awak lai namuah mangawanan Abang untuak mancari daun pisang ka Politeknik tu,

Baanyak nan ka awak karajoan lai Bang Anto…
Mako dari itu, Bang Anto harus kuek,

Satu hal nan pengen te caliak dari Abang,
Te sangat pengen mancaliak ba’a nan Bang Anto berang….
Jagolah Bang! Beranglah..Hariak awak ko ha! Basoraklah Abang….!

Bang Anto!

Danga suaro Afte Unandar!!

Bang Anto jan kalah!

Please…

(mata air kecil baru saja hadir di keduo pipi den Nto…)

Ya Allah Yang Maha Berkehendak…
Engkau Maha mengetahui segala sesuatu, kami adalah makluk yang lemah ya Allah..
Berilah Kekuatan dan kesembuhan kepada Saudara, Teman, Kakak, Adik kami Harfianto Ya Allah..
Tiada daya dan upaya kami selain atas pertolongan dan kehendakmu Ya Allah…
Sembuhkanlah Saudara kami Ya Allah..

Amin Ya Rabbal ‘alamiin…

Anto..Kuek yo Nto….

(iko nan taraso di hati wak Nto.),
Mohon ma’af jiko ado nan kurang berkenan Nto..

46. kawan ang nto - Oktober 12, 2009

nto,

sjak den dapek sms dari afte, langsung den suruh adiak den RIKI maurus ang di M Djamil, mohon maaf jika ternyata ndak banyak nan bisa kami bantu nto, aden tetap mairiang jo do’a disiko.

Seandainyo ang tajago nanti, bacolah pasan den iko sebagai janji den ka waang, ijinkan den mancium pipi ang disaat den lah di padang nto, aden rindu, aden sayang ang nto, sebagai sahabat terbaik den,
capek sehat nto, aden slalu ingek nasehat2 ang nto..

ya allah, sayangi anto..

dari sahabat ang
refi

(nangih den mangana ang)

47. afte unandar - Oktober 14, 2009

anto..

bangunlah kawan…

48. Matt van Alif - Oktober 16, 2009

Kepada sahabatku Anto: selamat jalan kawan.. selamat jalan sahabat.. Semua canda tawa-mu tak akan pernah hilang.. Dalam setiap langkah kau selalu ada.. Sampai kini ku tak percaya kau telah tiada.. Semoga engkau mendapat tempat yang terbaik disana!

49. kawan mu - Oktober 16, 2009

masih belum lenyap ingatanku betapa sabarnya engkau kawanku.
masih terngiang suaramu walau setahun dulu.
aku terjaga pagi tadi seolah masih tidur disebelahmu di kosan kita.
sembilan tahun kita bersahabat, tak sekalipun kita bersengketa karena sabarnya engkau kawan..
jika kimia 2000 adalah laskar pelangi, kau berarti lintang dimataku.
belum pernah ku mengenal orang semuda engkau yang begitu memahami filsafat, sejarah, sastra dan jurnalistik sekaligus walau engkau jebolan kimia an organik.
nto..aku kagum padamu
aku teronggok dalam tangis semalam, dan maa jika kata2mu kupinjam..
tidurlah yang nyenyak kawan.
saat kau bangun, pastikan aku melihatmu lagi

sahabat yang menyayangimu

refi ikhtiari

Hokkaido University

50. nyoman - Oktober 16, 2009

walau aku tak kenal, tetap ku ucap selamat jalan. semoga engkau bahagia bersamaNya

51. Salman - Oktober 16, 2009

Selamat Jalan Sahabat…

Biarlah Jasadmu Pergi
Tapi…
Ijinkan kebaikan dan senyum tetao di sini
Ya…di Sini
Di hati kami…

52. Ninin - Oktober 16, 2009

Saya tidak mengenal anda,,tp saya yakin anda adalah seorang yg baik, Allah sangat menyayangi anda,,selamat Jalan Bang Anto….

semoga keluarga yg ditinggalkan bisa sabar dan tabah menghadapi cobaan ini,,,amiin

Ninin – Jakarta

53. deciL - Oktober 16, 2009

terima kasih karena telah mengajarkan bagaimana merangkai kata-kata menjadi kalimat, pargarfar, dan cerita yang menarik, seakan hidup. terima kasih atas semua tulisanmu.
selamat jalan, bang anto, guruku, my dady,,

54. Deborah - Oktober 16, 2009

Selamat Jalan Mas Anto, semoga kau menemukan kedamaian di tempat sana yang tidak lagi mengalami gempa dan kesusahan…

Aku salut, walau aku tidak mengenalmu… Gugur sebagai pahlawan…

55. ari - Oktober 16, 2009

Good bye brother…walaupun aku tdak mengenalmu dan bru skali mngunjungi blogmu…tetap kuucapkan slamat jalan kawan….salam solidaritas blogger seindonesia…

56. jojon - Oktober 16, 2009

selamat jalan sahabat, meski engkau telah tiada tapi jasa dan kebaikanmu akan selalu dikenang, dan akan menemani di alam damaimu….

57. Eko ProNews - Oktober 16, 2009

Selamat menuju alam yang Kekal bang Anto

kami pun akan nanti pasti akan menyusul,
yang membatasi kita hanyalah takdir, waktu, dan kehendak-Nya

semoga Tuhan memberikan singgasana yang terindah untuk mu!
kami disini akan melanjutkan tugas kita menyampaikan cerita ke khalayak ramai!

58. Ronny Arbi Pronews FM - Oktober 16, 2009

selamat jalan bang…..semoga Allah menempatkan arwahmu disisinya.walaupun perkenalan kita sangat singkat dan pertemuan kita pun bisa di hitung dengan jari namun saya bangga mengenal sosok seorang bang anto.orang yang tenang dan suka memberikan banyak masukan bagi saya yang baru mengenal dunia jurnalis ini.selamat jalan bang……..

Ya Allah terimalah arwah abang kami di sisiMu…..Amien……

59. vinnamelwanti - Oktober 16, 2009

Setiap bertemu dengan sosok pria yang mengaku jelmaan Kick Andy itu, aku selalu tersenyum. Selain karena ia yang murah senyum, Anto selalu menungguku memanggilnya β€˜orang miskin’. Ketika panggilan itu terlontar, baru ia puas dan kembali tersenyum ramah.

Yah, sebutan website blognya (https://orangmiskin.wordpress.com/)yang mengaitkanku secara emosi dengannya. Anto selalu menyemangatiku untuk selalu menulis yang baru di blog ku sendiri. β€œMenjadi jurnalis apapun jabatan, kalau lupa menulis, itu sama saja mengkhianati profesi,” ungkap Anto yang selalu kukenang.

Kami pernah terlibat obrolan serius ketika pergi kunker bersama saat April 2007 lalu ke Jakarta. Ia punya ambisi. Ia punya cita-cita. Dan ia punya cinta. Semuanya diceritakan secara tenang. Yah, dia memang pribadi yang tenang dan penuh perhitungan. Dia pula yang mengajakku bergabung dengan AJI. Ah, Anto dia memang teman jurnalis yang memotovasi.

Kini ia telah pergi dipanggil Tuhan yang Maha Kuasa, Kamis (15/11) pukul 22.30 WIB. Sebutan yang selalu ingin dia dengar, tak bisa lagi kulontarkan. Karena, ia bukan orang miskin, namun Anto orang kaya. Ia kaya ilmu, kaya teman dan mempunyai kekayaan hati yang paling dalam. Selamat pergi kawan. Semua motivasi dan dedikasimu selalu kukenang

60. indah - Oktober 16, 2009

Selamat Jalan Bang Anto.
meski sy tidak pernah bertemu dng anda sebelumnya. sy yakin anda org yg hebat. mampu menggetarkn dng tulisan2 anda,..
ranah minang pasti akan merindukan tulisan2 seperti anda.
selamat jalan, semoga selalu dalam kasih bersamaNYA.

61. luhde - Oktober 17, 2009

…dan tulisan akan abadi. selamat jalan orangmiskin tapi kaya empati

62. zoni hidayat - Oktober 17, 2009

semoga Allah SWT mengampunkan segala dosa dan kesalahanmu, menerima segala amal kebaikanmu dan melapangkan kuburmu.

Adik BP mu

Zoni Hidayat

63. Rudi - Oktober 17, 2009

Selamat Jalan Bung Kecil. Allah lebih menyayangi mu dari pada dunia yang kejam ini.

Tulisan mu telah menjadi legenda di hati kami. Semoga Allah melahirkan lagi Harfianto-Harfianto yang lain sehingga dunia bisa menjadi lebih baik dan manusiawi seperti cita-cita mu.

Do’a ku menyertai jiwa mu yang tenang, semoga Allah melapangkan jalanmu serta keluarga mu ikhlas dengan ketentuan Allah ini.

Untuk Orang tua serta keluarga Harfianto, berbangga lah karena anak mu telah memberi sumbangan yang berguna untuk banyak orang.

Selamat jalan adik ku

64. Devi Isman - Oktober 20, 2009

Dihari ultah Abang ini (21102009), Abang udah gda lagi menemani hari2 adek. Betapa sedih hati adek mengiringi kepergian abang menuju pembaringan terakhir abang di Tarusan 15102009.

6 hari telah berlalu, namun isak tangis adek tak kunjung berhenti. Bukannya adek tidak menerima kenyataan dan takdir Allah, tapi Abang adalah kekasih, abang, teman, dan sahabat yang paling baik yang pernah adek punya.

Sebelum kejadian naas itu adek katakan bahwa abang itu adalah cowo yang Smart, Funny, Patient and Romantic. Berkali2 abang minta adek mengulang kata2 itu. Setiap adek selesai mengatakannya, abang ketawa dan minta diulang lagi..

“Bidadari” itu salah satu panggilan dari sekian banyak panggilan abang ke adek. Panggilan itu abang buat karena abang bilang adek cantik seperti bidadari

“Pupu”, panggilan itu abang berikan sebagai singkatan kata dari Kupu-kupu. Pangilan itu abang buat karena kata abang, adek indah seperti kupu-kupu. Sebulan terakhir, abang mengubah kata “Pupu” menjadi “Pucha” yaitu singkatan dari Pupu Chayank.

“Yank” dan “adek”, panggilan itu selalu abang masukkan disetiap pembicaraan kita.

“Umi” atau “Ami”, panggilan itu abang ucapkan apabila kita sedang berbicara tentang masa depan kita.

Abang emang Pria yang paling romantis dan puitis yang pernah adek kenal.

Terima kasih sayang, Abang udah pernah “mampir” dalam hidup adek. Adek ga pernah menyesal kenal dengan sosok seperti abang.

Selamat jalan sayang, sekarang abang udah tenang di samping Allah.
Do’a disetiap sholat adek, akan selalu adek kirimkan untuk abang…

65. vinnamelwanti - Oktober 22, 2009

Ya Allah. Tegarkan kami semua yang ditinggalkannya. Kenapa hati ini (masih) menginginkan adanya balasan setiap comen dan jejak kata yang kuhadirkan di blog ini..
Kita yang selalu membalas comen dari setiap karya, cerita maupun curahan hati. Kini semuanya hilang…
Tapi mengapa hati ini tetap menginginkan adanya balasan itu. Hati ini tak kuat dengan hal yang hilang dari suatu kebiasaan.

Ya Allah. Tegarkan kami yang telah ditinggalkannya.

66. anton - Oktober 27, 2009

aa.. uu.. ee…… dak tau ka di kecek an bg. selamat jalan bg..

67. Rio Rinaldo - November 9, 2009

Selamat jalan da….
Semoga semua yang uda perbuat selama di dunia menjadi amal ibadah yang tak ternilai disisinya.. amin..

junior mu…. Rio

68. fietha - November 30, 2009

salam kenal

69. Devi Isman - Januari 31, 2011

Abang adalah sosok yang ga akan pernah Adek lupakan seumur hidup…
Semoga Allah selalu memberikan yang terbaik untuk Abang disana..

Amin

70. ukmphp - Juni 3, 2011

we miss u…

kader PHP yang mantap, berkompeten, gigih dlm hdup
saudara ku, qmu pergi bgitu cepat
ketika Indonesia sedang rindu generasi seperti mu
semoga ada yang lahir di Indonesia ini layak nya reinkarnasi mu,,,

alm Harfianto
berpulang pada November 2009
Salam rindu serta doa beriring kenangan bersama sahabat dan saudara tcinta Harfianto

refi@ees.hokudai.ac.jp - April 30, 2012

rindu…

rindu lah yang menggiring ku kembali membaca tulisanmu diblog ini
kenangan tentang mu sungguh luar biasa kawan…

allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fu ‘anhu
amiiiiin

refi

71. fadjarmulyar - Juli 21, 2012

keren bana da… πŸ™‚
ambo dari jurusan Kimia lo da, jalan aktivis memang jalan yang cukup memberi resiko untuk seorang saintis, tapi totalitas dan pengorbanan insyaallah akan mendapatkan pahala-Nya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: