jump to navigation

Tentang Blog

Cerita Tong Sampah

Lama juga waktu yang dibutuhkan untuk mengisi halaman tentang blog ini. Saya berfikir soal apa cerita Pagi ini. Disebut kumpulan fiksi bukan, walau ada bebrapa cerpen dan puisi di dalamnya. Di labeli catatan keseharian juga tidak, meski kalau ditelisik banyak juga ciloteh tentang saya. Di sebut blog olahraga tidak layak, karena postingan soal satu ini hanya soal Euro 2008 saja.

Jadi blog ini tentang apa. Mungkin lebih cocok disebut sebagai tong sampah. Tempat saya membuang unek-unek, pikiran dan cerita. Tempat saya mengumpulkan ingatan dan mudah-mudahan bisa di daur ulang dan bermanfaat buat diri sendiri atau orang lain.

Ide membuat blog ini mulanya untuk iseng-iseng saja. Saat itu Maret 2006, saya sedang berada di Jakarta. Dalam satu kesempatan, saya berkunjung ke rumah saudara di Bekasi Timur. Karena bosan di rumah, iseng main ke salah satu toko buku di sana (saya lupa namanya). Eits.. waktu asyik menelusuri rak-rak buku, saya menemukan sebuah buku kecil berjudul cara mudah membuat blog (Buku ini dipinjam teman satu tahun lalu, ngak dibalikan sampai saat ini).

Kebiasan saat kuliah, saya baru beli buku kalau sudah baca setengah isinya.  Setelah diinap-inapkan, saya berfikir bagus juga itu buku. Membahas topik yang belum pernah saya dengar dan ketahui sebelumnya. Dan untungnya, buku ini memuat cara praktis membuat blog di www.blogger.com.

Sejak itu mulailah saya otak-atik internet di warnet sebelah rumah di Jatinegara Jakarta Timur. Tidak sampai satu jam, saya berhasil membuatnya. Blog pertama saya beralamat di http://harfianto.blogspot.com. Kumpulan tulisan, puisi, cerpen, dan opini yang selalu saya bawa, satu persatu dipostingkan ke dalamnya. Ternyata berhasil dan bagus. Kegiatan itu menjadi keseharian, bahkan terbawa sampai ke Padang beberapa bulan kemudian.

Anggapan banyak orang, ngeblog tidak ada gunanya terbantahkan saat saya mengirimkan lamaran sebagai wartawan ke Redaksi Posmetro Padang (http://posmetropadang.com). Untuk meyakinkan redaksi, saya harus melampirkan contoh tulisan yang pernah saya buat. Apesnya saat akan ngeposkan surat lamaran, soft copy tulisan itu diserang virus. Ngeblog berguna, karena saya masih bisa mendapatkan tulisan itu di blog, meski disketnya habis dibabat virus.

Kebiasan ngeblog terus berkembang di Posmetro Padang. Apalagi di sini ada pakar blog, Maryulis Max (www.maryulismax.wordpress.com). Dengan sedikit bertanya dan lebih banyak memperhatikan, sedikit demi sedikit tampilan http://harfianto.blogspot.com diperbaiki. Saya sudah bisa memasukan photo diri, memenggal tulisan menjadi read more dan lainnya.

Saat wordpress datang (www.wordpress.com), banyak blogger yang berpindah hati. Karena memang penataannya lebih mudah, dan fiturnya lebih banyak. Saya termasuk blogger yang hijrah dari blogspot ke wordpress.

Perihal usernam orangmiskin. Nama ini didapatkan tanpa sengaja. Saat mendaftar di wordpress, saya pening karena setiap username yang saya ketikan selalu ditolak dengan alasan sudah ada yang punya. Entah karena memang miskin, atau pejuang orang miskin atau pencinta kemiskinan, tiba-tiba saja kata orangmiskin itu yang terlintas pertama kali. Dan ternyata tepat, tanpa protes
wordpress menerimanya.

Maka jadilah https://orangmiskin.wordpress.com sebagai alamat blog saya yang baru. Sebuah keranjang sampah, tempat saya membuang pikiran. Tujuannya bukan untuk dikenang, hanya saja biar ingatan tidak menguap begitu saja. (nto)

Iklan

Komentar»

1. Yance Arizona - Maret 28, 2008

Ambo lai sehat-sehat se.. Kawan baa kaba? Mantap blog angku mah? Apo sajo kegiatan kini? ambo ado rencana ke Padang hari sabtu bisuak.. Mengharukan bana retrospeksi angku mah. Hal yang pernah juo ambo alami. Tetapi kemudian Fritjof Capra menawarkan satu jawaban yang paradigmatik.. Mungkin ambo sedang mengikuti jalan Capra kini…

2. sitifiya - Juni 5, 2008

wonderfull your blogs, but keep in touch!
everyone wait ur writing.

3. mywrotes - Agustus 9, 2008

blognya keren..
lam kenal…

nono @ http://mywrotes.wordpress.com

salam kenal juga.. makasih.

4. isombahri - Oktober 31, 2008

blog yang seru…lagi mampir nih…lam kenal

5. ceritabella - Maret 21, 2009

Mister Master (nah lho), kok ga di “jamah” lagi blognya??
Isi dunk! Jangan pesbuk-an mulu..
Master kan nyuruh aq posting terus, tapi Master sendiri “cuti” posting tulisan baru..

Ayo-ayo..
Tunjukkan kehebatan Master Ajo..
Hwahahahaha.. =p

6. Den Mas - Juli 25, 2009

wah, seru jugak mas kisah ngeblognya hehehe…
saya orang IT tapi aktif ngeblog baru beberapa bulan ini. Dan masih belajar menulis 😀
salam kenal…

7. Devi - Januari 31, 2011

Ternyata masih rame juga blog Abang dikunjungi orang, walawpun Abang udah gda…
Adek kangen sama tulisan2 Abang…:)

8. how-stop-snoring.eu - Februari 6, 2017

Pretty great post. I simply stumbled upon yor blog and wished to say that I have really
enjoyed surfing round your blog posts. In any csse I’ll be subscribing on your
rss feed and I’m hoping you write once more very soon!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: