jump to navigation

Gempa Kembali Hiasi Ramadhan Agustus 18, 2009

Posted by orangmiskin in 1.
trackback

Lama tidak berayun, Kota Padang kembali diguncang gempa. Minggu 16 Agustus 2009, gempa berkekuatan 6,9 SR menguncang Kota Padang dan sebagian besar wilayah Sumbar. Gempa ini menjadi kado sehari menjalang peringatan HUT RI ke-64.

Tidak satu kali. Gempa yang hampir menyamai kekuatan gempa dua tahun lalu ini, terjadi berkali-kali. Getarannya susul menyusul, walau dalam intensitas yang lebih kecil. Begitu bumi bergetar, ribuan orang keluar rumahnya masing-masing. Ucapan zikir dan takbir terdengar dari bibir-bibir mereka.

Seperti dua tahun lalu, gempa ini menjadi awal dari masuknya bulan suci Ramadhan. Pada 2007 silam, tepatnya pada 12 dan 13 September 2007 (satu hari dan hari pertama Ramadhan) gempa berkekuatan 7,2 dan 7,9 SR menghoyak Ranah Minang. Ribuan rumah hancur lebur di empat daerah, Padang, Padangpariaman, Kota pariaman dan Pesisir Selatan.

Kali ini juga sama. Gempa yang sejak dua hari kemarin sudah mencapai puluhan kali ini saya anggap sebagai hiasan menjelang Ramadhan. Seperti dua tahun lalu, saya yakin gempa akan menjadi teman keseharian kami pada bulan suci ini. Bedanya, kali ini tidak ada korban jiwa dan rumah roboh.

Berlarian dari lantai III kantor, sudah biasa saya lakoni. Begitu ruangan bergetar, semua sesibuk apapun wartawan mengetik berita, segera ambil langkah seribu menuruni puluhan anak tangga. Tidak ada kata kapok. Begitu dirasa aman, kami merangkak lagi menaiki satu demi satu anak tangga. Ini selalu berulang terus menerus.

Terlalu lama menunggu informasi dari BMG berapa kekuatan gempa. Bagi kami, ada skala penghitungan yang cukup mangkus. Mengetahui dan mengira-ngira kekuatan gempa dari goyangan air galon yang terpasang di dispenser jadi hal biasa. Saat gedung serasa bergoyang, mata tertuju pada galon air disudut ruangan.

Tapi ini masalahnya. Keseringan digoyang gempa, kita sulit membedakan, apakah memang gempa yang sedang terjadi atau badan yang bergoyang sendiri, akibat trauma.(nto)

Iklan

Komentar»

1. bahtiar - Desember 21, 2010

Alhamdulillah, makin banyak umat yang berhati-hati terhadap NII Zaytun.

Salam,
Mantan NII KW 9
http://niikw9.wordpress.com/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: