jump to navigation

Farrel dan Puasa September 2, 2009

Posted by orangmiskin in 1.
trackback

“Apakah kamu tidak kepingin berbuka puasa bersama kami di kampung. Lucu buka puasa bersama Farrel. Tingkahnya aneh-aneh,” kata itu saya dengar di ujung senja kemarin.

Cukup lama saya terdiam dan merenung. Kata-kata itu begitu dalam mempengaruhi saya. Apalagi yang mengucapkannya adalah orang tua laki-laki saya sendiri. Ada tradisi tahunan yang sudah dua tahun ini, saya langgar.

Seperti tahun lalu, Ramadhan tahun ini saya kembali mangkir. Biasanya awal Ramadhan, kami lewati bersama keluarga besar di kampung. Ada kegembiraan yang berbeda, saat kita bisa berbuka puasa bersama orang tua dan orang-orang yang kita kasihi.

Alasan kesibukan bekerja, pada dasarnya bukan alasan yang tepat. Alasan yang dibuat-buat, karena jarak antara Padang dengan kampung halaman saya di tarusan, Pesisir Selatan, hanya dua jam perjalanan saja.

Kata-kata “pakah kamu tidak ingin berbuka puasa bersama kami” adalah sebuah tamparan. Sudah sedemikian jauhkah, saya dari mereka. Saya tidak tahu. Tapi memang ada rasa bersalah untuk tidak kembali pulang. Apalagi puasa hanya dinikmati satu tahun sekali.

Puasa tahun ini memang agak berbeda bagi keluarga kami. Tahun ini, Farrel, bocah kecil berusia 3 tahun ini hadir di tengah-tengah keluarga. Dia adalah buah hati kakak saya. Selama ini, Farrel berdiam di Kota Batam dan baru dua bulan lalu, ada di tanah kelahirannya.

Ada nuasa berbeda dengan kehadiran Farrel bersama kami. Sebelumnya, puluhan tahun rumah besar itu tidak ditangisi suara anak-anak. Karena memang, saya dan dua saudara lainnya, sudah dewasa sejak puluhan tahun itu.

“Insya Allah, Minggu depan saya pulang,” janji itu kembali saya ucapkan.(nto)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

