jump to navigation

Geger SMS “Setan” Mei 8, 2008

Posted by orangmiskin in berita, opini.
Tags: , , , , , , ,
trackback

Sms2

Kalau dapat telepon yang nomor berwarna merah atau kode 0866 dan 666 jangan di angkat karena bisa menelan jiwa. hari inisudah disiarkan berita, terjadi di Jakarta dan Duri. Dan sudah terbukti. Sekarang di usut pihak kepolisian. Dugaan sementara adalah kasus pembunuhan jarak jauh melalui telepon genggam (HP) oleh dukun ilmu hitam / si penelpon adalah roh gentanyangan yang mencari mangsa. Harap mengerti dan kirimkan pesan ini ke teman, saudara anda. Harap membantu sesama umat Islam

Akhirnya saya mendapatkan juga SMS yang bikin geger kota ini dalam semingu terakhir. Beberapa rekan saling bertukar SMS, mengingatkan akan bahaya ini. Bahkan ada salah seorang rekan yang sampai nangis ketakutan, ketika mendengar cerita yang bikin bulu kuduk merinding ini.

Walau SMS diatas tidak merujuk jelas siapa pemilik kode 0866 dan 666 ini, sebagian blog berseleweran di dunia maya menunjuk hidung, provider sim card terbaru, AXIS. Provodir ini dianggap sebagai penyedia kartu setan. Pasalnya dipercayai, dalam tradisi kristen, angka 666 adalah angka setan. Bahkan salah seorang blogger, menulis bahwa AXIS jika dibalik menjadi SIX A. Nama terakhir ini disebut-sebut sebagai nama gereja pemuja setan di Bandung. Benarkah ? Walaualam.

Ketika saya selancar di website AXIS, saya kaget nomor kode sim card milik PT Nantrindo Telepon Seluler ini, bukan berangka depan 08666 atau 666. Dalam webnya disebut, AXIS memiliki empat nomor awal yaitu 0831, 0832, 0833 dan 0838. Berikut kutipan tentang AXIS.

PT Natrindo Telepon Seluler selaku pemegang brand AXIS merupakan operator penyedia layanan seluler GSM dan 3G di Indonesia yang menawarkan layanan komunikasi yang inovatif dan ekonomis. AXIS mulai beroperasi di Jawa dan Sumatera, dan saat ini sedang gencar mengembangkan jaringan 2G dan 3G-nya ke beberapa wilayah lain di Indonesia.

Logo AXIS mencerminkan aspirasi kami yang melambangkan kemajuan dan perubahan. Tekad kami adalah agar seluruh pelanggan dapat menikmati manfaat penuh dari layanan komunikasi bergerak untuk meningkatkan kinerja dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

AXIS didukung oleh dua operator terkemuka di Asia: Saudi Telecom Company, penyedia layanan telekomunikasi nasional Arab Saudi; dan Maxis Communications Berhad, penyedia layanan telekomunikasi terbesar di Malaysia. Kedua investor utama kami bertekad memberikan kontribusi penuh bagi pengembangan industri telekomunikasi di Indonesia.

So.. hubungannya dengan 08666 dimana?? Tidak tahu juga. Analisa saya, ini adalah sebentuk black campaign (kampanye hitam) untuk menjatuhkan pendatang baru ini. Kartu yang membawa tagline GSM yang baik ini, memang baru berencana merambah tanah air. Apalagi saat ini, persaingan antar provider sim card sudah berdarah-darah. Saling memakan. Ujung-ujungnya masyarakat dikibuli dengan iklan yang serba tidak jelas.

Atau jangan-jangan ini hanya akal-akalan marketingnya AXIS untuk memperkenalkan produknya ke konsumen. Namun, kalau itu yang mereka pilih, saya fikir mereka mengambil jalan yang salah. Belum apa-apa sudah membentuk image negatif di masyarakat. Akan susah memperbaiki image yang sudah terbentuk.

Apapun alasannya, SMS “Setan” ini cukup berhasil menyita perhatian publik. Orang-orang membicarakannya, media massa pun meliputnya. Sekali lagi terbukti, teknologi ampuh menciptkana badai ketakutan. Seperti kata kaum Posmo, “Kepakan kelelawar di Afrika, bisa menimbulkan badai di Inggris”. (nto)

Iklan

Komentar»

1. zaidan - Mei 8, 2008

Terima kasih atas info-nya..

2. tusrisep - Mei 8, 2008

iko sms gilo mah…..menyesatkan. Jgn dipercaya!

3. suciptoardi - Mei 9, 2008

saya mau donk sms setannya….tahayul kok percaya….

4. lucifer - Mei 9, 2008

saya indak pernah ngirim sms kayak gitu kok bro….
lagian kalo mencabut nyawa ngapain saya harus repot-repot
kan itu bukan tugas saya
tapi tugasnya malaikat maut
masak saya mau nyerobot obyekannya yang laen
wah….apa kata dunia…
saya cuma bertugas membuat manusia lalai
termasuk lewat orang-orang iseng yang suka menyebar isu
cuma pengen ngetest doang
mereka pada percaya ama saya apa ama tuhannya

yah ternyata hasilnya bisa dilihat 🙂

5. mhdfakhri - Mei 9, 2008

makasih ya atas info_a mmng awal_a q gk percaya mudah2_n yg membuat masalah mendapat ganjaran yg setimpalan oleh 4JJI SWT

6. Mang Ujang - Mei 9, 2008

Oleh: Spiritualis Mang Ujang

“SMS SEPERTI ITU TIDAK PERLU JADI MOMOK DAN TIDAK PERLU DITAKUTI…SMS ITU SAMA DENGAN DENTUMAN SUARA YANG TIBA-TIBA…SIAPA AJA PASTI KAGET(TERKEJUT) BAHKAN MENGAKIBATKAN PINGSAN MENDENGAR DENTUMAN TIBA-TIBA TANPA ADA PERSIAPAN SEBELUMNYA. KARENA ITU MERUPAKAN TEKHNOLOGI BUKAN “KEKUATAN GHAIB.”

Dengan rendah hati diiringi rasa kemanusiaan…Beberapa hari ini saya melakukan terawangan sehubungan dengan “sms syetan yang sedang tren saat ini.” . Memang dunia ini sudah maju dengan segala tekhnologi dan sains nya, disayangkan…kalau dunia yang berbicara tentu kita merasa akan hidup abadi, tetapi hendaknya landasan akhirat harus dimiliki agar kita merasa akan mati esok hari.

Artinya: Demi keberuntungan, demi ambisi maka terbitlah ide-ide yang positif, tetapi demi keberuntungan dan ambisi ironisnya berani dan nekat melakukan hal-hal yang tidak terpuji….contohnya “ISYU SMS SYETAN YANG SENGAJA DISEBARLUASKAN SEHINGGA MENYUSAHKAN ORANG BANYAK.”

Dari pengalam saya ketika sedang melakukan terawangan:

1. SMS tersebut tidak mengandung muatan ghaib seperti santet dan sebagainya, tetapi karena kecanggihan tehnologi dengan didesain sedemikian rupa bernuansa seram sehingga mengagetkan/mengejutkan sipenerima. bahkan lebih mengagetkan lagi adalah pengaruh warna merah yang dipercaya melambangkan kekerasan/keberanian dan sebagainya. Lalu sms tersebut dikirim secara acak. (Percayalah bahwa itu ulah kutak katik kemajuan tekhnologi murni)

2. Berita / Isyu yang menyebar luas juga sangat merugikan pertahanan kesadaran manusia yang mendengar, sehingga isyu negatif tersebut masuk kebawah sadar bahkan yang lebih ekstrim terprotek tanpa dikehendaki…akhirnya menjadi momok dalam diri masng-masing sipenerima isyu. Nach…timbullah rasa kebimbangan, ketakutan, ketidak setabilan perasaan. Perasaan demikian mengakibatkan pertahanan jadi lemah karena terhipnotis oleh informasi-informasi isyu yang merebak.

3. Kesimpulannya: “SMS SEPERTI ITU TIDAK PERLU JADI MOMOK DAN TIDAK PERLU DITAKUTI…SMS ITU SAMA DENGAN DENTUMAN SUARA YANG TIBA-TIBA…SIAPA AJA PASTI KAGET(TERKEJUT) BAHKAN MENGAKIBATKAN PINGSAN MENDENGAR DENTUMAN TIBA-TIBA TANPA ADA PERSIAPAN SEBELUMNYA. KARENA ITU MERUPAKAN TEKHNOLOGI BUKAN “KEKUATAN GHAIB.”

4. Ini merupakan penomena kehidupan. kita semua mengalaminya. Dan untuk menghindarinya atau menyelamatkan diri dari yang tidak diingini adalah “tambahi ilmu pengetahuan kita sehingga memiliki wawasan luas. Dan tuntutlah ilmu dari buaian hingga keliang lahat sehingga kita tidak terperdaya oleh sesuatu yang merugikan diri kita saat ini, masa lalu atau masa yang akan datang.”

Demikian sekelumit wejangan dari hasil terawangan saya, semoga bermanfaat untuk kita semua.

7. Agus Tokan - Mei 9, 2008

weleh orang modern kok masih percaya ma tahayul.
mendingan orang kampung yang ga pake HP tapi ngerti mana yang masuk logika mana yang masuk lobang batu.
apa TUhan sudah tidak ada lagi di bumi Indonesia yang sila pertamanya menempatkan Tuhan?

itu trik saja dari pengusaha telekomunikasi yang karatan di Indonesia supaya provider baru sulit merebut hati pelanggan.
so………… ga usah takut

8. yoyon - Mei 9, 2008

saya gk bingung kl dpet sms warna merah…wong HP saya masih monokrom kok…alias masih kuning-hitam (lampu kuning, tulisan hitam)
he…he…he… :))

9. Andos - Mei 9, 2008

SMS hoax, tapi tetap harus di waspadai

http://www.andos.web.id/axis-adalah-setan-pembunuh.htm

10. suprie - Mei 9, 2008

Kalau gtu saingan donk sama Malaikat Isroil kalau lewat sms bisa mati….Cape dech!!!

11. meta - Mei 9, 2008

mana dong satelit kita.Tolong dong di lacak no hp sialan itu.eh presiden kita pasti kena jg dong.. hihihi…. kira2 para gubernur,pejabat2 penting,presiden kira2 tau gak sms n telp santet ini.Tolong dhunk di siarkan di tv,masukin ke dalam berita2 tv supaya rakyat indonesia raya ini gak gelisah lagi.kita kan jd terganggu gara2 berita buruk ini.dasyat..

12. 4th ave cafe - Mei 9, 2008

di slh st sms yg sy dpt mlh 0838 jg trmsk d dlm nya. sms itu isinya udah d ubah2…….
yg pntng, prtbl iman kt………
y kan

13. fahrizal - Mei 9, 2008

dari mana asalnya sms setan,dan siapa pelakunya

14. Syahruddin - Mei 9, 2008

Saat masyarakat gamang menghadapi kesulitan hidup, muncul teror yang meresahkan dan itu hanya menambah beban kesulitan hidup masyarakat. tega amat sih..

15. oRiDo - Mei 9, 2008

ckckckck…
sms setan bener2 meramaikan dunia per-blog-an wordpress…
9 dari 10 list “Tulisan Teratas dari seputar WordPress.com” isinya ttg sms merah…
ckckckc…

16. Oka Mahendra - Mei 9, 2008

Berita yang menyatakan bahwa handphone bisa memancarkan radiasi infra merah yang mematikan adalah salah, atau penipuan, atau hoax, karena pada saat menerima / mengirim SMS/telepon, handphone tidak memancarkan radiasi infra merah, tetapi radiasi gelombang mikro yang besarnya sudah dinyatakan aman oleh pemerintah. Selengkapnya lihat artikel ini:
http://tutorialgratis.wordpress.com/2008/05/09/radiasi-handphone/

17. Pujangga - Mei 9, 2008

Sms setan? kalo leh tau setan dah buka counter lom? He…. he…. 😆 Wah pluang usaha nich!!

18. abu zulfa - Mei 9, 2008

ngegosip lagi …

19. Gamank - Mei 9, 2008

Wah…..wah…..wah…..
dasar setan tidak punya aturan.
itut-itut aje buka provider di dunia manusia
g bilang2 lg
kan bs ikut maen saham
hehehe 😀

20. Mulya Group - Mei 9, 2008

w o w setan dah canggih dong
kpn ne giliriran manusia di alam setan..????
haha…..
ade-ade aje`ye…????

21. frogman - Mei 9, 2008

duh..duh.. capek deh
lulusan mane ye setannya kok hebat gt yee….????
malaikat dah turun pangkat kali yeee..??cuti kali ye tu malaikat??heeee

22. bowhead - Mei 9, 2008

hmmm, bisa ya ??? . logikanya dimana ? hmm besok-besok to dukun bakalan ngirim email setan , trus chating setan , trus milis setan , blog setan , ampe free download setan .. cape d

23. harfianto - Mei 9, 2008

iya nih… dasar setan kurang kerjaan. tau ngak udah jatuh korban lo…

24. kecrexz - Mei 10, 2008

gak tau dah berita itu bener apa ngak tapi yang pasti makaseh atas infonya.

25. Alexander - Mei 10, 2008

asik juga tuh sms nya jadi kalo ada yang macam macam tinggal kirimin tuh sms aja kalo bisa kirimin ke pejabat bro………

26. they86 - Mei 10, 2008

Moyang mu!!
Smk ti bali global

27. Meidikha - Mei 10, 2008

Ah… Boong lu!!

28. Meidikha - Mei 10, 2008

We jangan dipercaya memang setan bawa hp!!!

29. Mustan - Mei 10, 2008

hahaha pasti anakna yanto hermanto tu yang ngirim

30. hermanto - Mei 10, 2008

SMS apaan Pasti anakKu Yg Ngerjain kalian TUH~! Si YonaTan itu LHO~!

31. Jaelani - Mei 10, 2008

kita dah masuk ke jaman High Tech. dah ga jaman lagi pake acara percaya ma gituan…
itu adalah fitnah yang disebarkan oleh pihak2 yang ga suka ma AXIS sebagai prvider baru di indonesia.
saya pake axis ga pernah juga trima sms 666 ato telpon 666 dan yang pasti, mati itu di tangan Tuhan.kalo Tuhan kita “beda” silahkan aja percaya.
axis sama aja kayak operator yang laen2nya tetep mahal kalo nelpon lebih dari 1 jam…wakakakka
jadi bagi kalian percaya silahkan “mati” dengan kepercayaan kalian.
Haree gennee masi percaya ma yang takhayul….dasar primitive…kalo kata Tukul katro..ndeso..kuper..ga gaul.
hahahahha

32. Silly - Mei 10, 2008

Satu kata dech… INI CUMA AKAL2an untuk menaikkan popularitas. Gossip/strategi pemasaran yang sungguh murahan dan tidak butuh biaya banyak.

Yg jelas, pake logika aja, pipis aja SAREBU kok, hahahaha… harre gene gratis???…Pliss dehhh… 😀

33. darmawanku - Mei 10, 2008
34. parjo - Mei 10, 2008

sms itu kepanjangan dari apa ya?

35. yuda_dx - Mei 10, 2008

pernah maen game MONSTER HUNTER gak ???? keren bo …..

36. anjalicious - Mei 10, 2008

makanya pakai XL…….

37. binSuto - Mei 10, 2008

he… he… he…

tau ga… yang sms tu siapa….

Akulah orangnya…

Hwa.. ha.. ha.. ha..

awas lho.. ntar aku teror sms lagi..

tapi topik sms nya PELET…

eh enggak ding…

topiknya puisi cinta aja deh..

biar hidup ini jadi indah GeTooOoeee….

38. vhacx - Mei 10, 2008

sungguh terlalu tuh setan pake kirim sms, tapi gw sih ga percaya, sebab gw dah bertahun-tahun tinggal di rumah yang lokasinya deket pemakaman\kuburan,,,tetapi ga pernah ada setan yg ngirim sms\ngisiin pulsa gw tuh,,btw kalo ada yang ketemu ama si sms setan, tolong suruh hub. gw……….klo bisa suruh kirimin gw pulsa…ni no gw 666888525373 n 68686868686,,,emang si sms setan doank yg punya no.awal 6 hahahahhahahha

39. Ary Agresif - Mei 10, 2008

bisa aja ini merupakan black campaign untuk ngejatuhin operator selular baru yang ingin meramaikan dunia telekomunikasi ( ponsel khususnya ). saya harapkan kepada segenap masyarakat indonesia agar tidak takut.. wassalam

40. Sky - Mei 11, 2008

hahaha lucu SMS setan itu hanya orang2 yang kurang mendekatkan diri pada Tuhan saja yg percaya hal – hal seperti itu.
Saya percaya hal ghaib karena hukumnya wajib di agama saya tapi ya masa setan kok ngirim sms terlalu mengada-ada berarti tuch setan dah gaul donk sekarang pake acara ngirim SMS buat menggoda manusia hahahahahahaha
SUMPAH GW GA PERCAYA

41. tonk#ghost - Mei 11, 2008

kalo punya otak buat mikir donks!!!!!!!!!!!!!!!

anjrriiiiiiiiiiit

dengkul pake mikir

42. Fenomenal SMS “Santet” Layar Merah « CAHAYA SATRYA - Mei 11, 2008

[…] Geger SMS “Setan” […]

43. admin_gendeng - Mei 11, 2008

ada yang punya contoh sms setan ga
penasaran nih gw 😀

44. peranataradotnet - Mei 11, 2008

08666 atau 086660 adalah nomor layanan bisnis seperti Fax to SMS, Fax to Email, dan sebaliknya.. jadi bukan setan yang ngirim… kalau orang yang di bisiki setan yang ngirim itu mungkin ..

berikut keterangan diambil dari http://ads.easyinfo.co.za/htm/custom/jivhuhotechnologies/services.htm

BTS (Business Technology Solutions)

BTS is the perfect, simplest, fastest and cheapest way for small to medium businesses to handle day � to day enquiries.

BTS is comes in the form of a 0866 number. The back-end of the 08666 number serves as an information service where customers\clients phone in and listen to what ever information pertaining to your business. The BTS line is configured in a tree-like structure i.e. For information 1 �press 1�, for information 2 �press 2� and so forth.

There are no limits to the number of options you can have, allowing you to give as much information as you want.

The BTS line can be linked to your Telkom landline!!! This allows your business to have 1 number for life!!! The 08666 number is linked to a Telkom landline number i.e. (011) 258 8858. when a person dials the 08666 number the phone attached to (011) 258 8858 rings. People can still use the Telkom number with no problems. The magic comes in when you move premises, instead of giving out your new telephone number (Telkom landline) to customers, all you need to do is give us a call, and we will link your new Telkom number to your existing 0866 number. This way, your customers will always be able to keep in touch, no matter where you move to.

Tambahan: menkominfo harus nya cepat bisa menangkis masalah ini

45. peranataradotnet - Mei 11, 2008

08666 atau 086660 adalah nomor layanan bisnis seperti Fax to SMS, Fax to Email, dan sebaliknya.. jadi bukan setan yang ngirim… kalau orang yang di bisiki setan yang ngirim itu mungkin ..

berikut keterangan diambil dari http://ads.easyinfo.co.za/htm/custom/jivhuhotechnologies/services.htm

BTS (Business Technology Solutions)

BTS is the perfect, simplest, fastest and cheapest way for small to medium businesses to handle day � to day enquiries.

BTS is comes in the form of a 0866 number. The back-end of the 08666 number serves as an information service where customers\clients phone in and listen to what ever information pertaining to your business. The BTS line is configured in a tree-like structure i.e. For information 1 �press 1�, for information 2 �press 2� and so forth.

There are no limits to the number of options you can have, allowing you to give as much information as you want.

The BTS line can be linked to your Telkom landline!!! This allows your business to have 1 number for life!!! The 08666 number is linked to a Telkom landline number i.e. (011) 258 8858. when a person dials the 08666 number the phone attached to (011) 258 8858 rings. People can still use the Telkom number with no problems. The magic comes in when you move premises, instead of giving out your new telephone number (Telkom landline) to customers, all you need to do is give us a call, and we will link your new Telkom number to your existing 0866 number. This way, your customers will always be able to keep in touch, no matter where you move to.

Tambahan: menkominfo harus nya cepat bisa menangkis masalah ini

46. tri - Mei 11, 2008

w o w masak seeeeee!!!

47. Bujang_merana - Mei 12, 2008

Untung gw kagak punya Hape…
He he he he…

48. arief_dj - Mei 12, 2008

..bodohnya kalo ada yg percaya hal2 seperti itu..

49. HARRY - Mei 12, 2008

WAAAAHHHH….
YANG EKSIS SEKARANG AXIS DONK…????
SELULER BARU UDAH BIKIN HEBOH ORANG BANYAK….
HEBATT…HEBAT……
AYOOO…… !!!!
KENAPA YANG LAINNYA GAK IKUT2AN BIKIN HEBOH???
MENTARI SAKTI…???? APANYA YANG SAKTI???
FLEXI DAHSYAT…???? APANYA YANG DAHSYAT???
DAN MASIH BUANYAK LAGI YANG LINNYA, MANA????
MASAK KALAH MA AXIS “Death Calls”..????, HABIS TERIMA TELEPON LANGSUNG KO’IT…. ^o^ ….

KALO YANG INI BARU BENER.

“JANGAN TERIMA TELEPON / MENELEPON SAMBIL BERKENDARA. BERHENTILAH DAHULU DITEMPAT YANG AMAN AGAR TERHINDAR DARI KECELAKAAN.”

ITUUUUU YANG BENER…

EMANG ADA SICH YANG TERIMA TELEPON, HABIS ITU MATI. SOALNYA DIA NABRAK ANGKOT DIDEPANNYA.

50. anwareffendi - Mei 12, 2008

ini yang bikin bangsa kita ga bakalan maju….kebanyakan dukun….. bidoh bodoh

51. arek ganteng - Juni 18, 2008

jaman dah maju kayak gini kok mau ditipu mentah – mentah bro….

kok agak telat bos…

52. dung - April 30, 2009

semuanya bllshit you know
you bitch asshole

yang penting percayalah kepada tuhan yang maha kuasa………..

cibai lanciao

53. dung - April 30, 2009

kacang

54. dung - April 30, 2009

peanuts

55. dung - April 30, 2009

kimaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: